WHAT'S NEW?
Loading...

Tutorial Menggunakan MinGW


Tutorial Menggunakan MinGW --- Selamat Datang kembali diblog Elektro Diskus, kali ini Elektro Diskusi akan memberi Tutorial Cara Menggunakan MinGW. Sebelumnya  Elektro Diskusi  akan menjelaskan secara singkat mengenai software MinGW. MinGW merupakan kepanjangan dari Minimalist GNU for Windows. MinGW ini merupakan software Open Source alias software yang dapat kalian dapatkan secara gratis tanpa membayar. MinGW adalah software yang digunakan untuk pembelajaran algoritma dan pemrograman bahasa C++, MinGw ini adalah compiler untuk Bahasa C++.

      Cara menggunakan Software MinGW ini sangatlah mudah, Untuk membuat program dengan MinGW ini kalian harus mengetahui mengenai Bahasa Pemrograman C++. Buat kalian yang belum bisa/mengerti mengenai Bahasa Pemrograman C++ Bisa kalian pelajari terlebih dahulu artikel mengenai Bahasa Pemrograman C++ yang ada diblog Elektro Diskusi. Sebelum sobat mulai menggunakan MinGW kalian siapkan terlebih laptop/PC dan softwarenya, berikut ini tutorialnya:
    • Yang pasti PC/Laptop yang sudah ada Software MinGWnya, buat para sobat yang belum memiliki software MinGW bisa sobat download disini
    • Install Software MinGW, untuk cara Install Software MinGW bisa Sobat baca disini.
         Setelah software terinstal, berikut langkah-langkahnya:
    • Buka software MinGW, Jika sudah terbuka tampilan Program seperti gambar dibawah ini.
    • Buat file baru dengan cara : Pilih File--New atau dengan menggunakan shortcutkeys Ctrl+N.
    • Pada Tab Projects, Pilih Win32 Console, Beri Nama Project pada Project Name, Pilih tempat penyimpanan pada Location dengan menge-klik (...) dalam kotak, Klik OK, Untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini.
     
    • Pilih File--New.Klik pada Tab Files, Pilih C/C++ Source File, Beri nama file, Tempat penyimpanan akan otomatis pada folder project yang telah kita buat tadi, Klik OK.
     
    • Kalian dapat membuat programnya disini.
    •  Contoh Program Sederhana.
    • Setelah program dibuat. Pilih Build pada Menu Bar, Klik Build and Execute.
     
    • Tampilan Program yang telah dibuat 


         Demikian penjelasan singkat mengenai Tutorial Menggunakan MinGW yang dapat elekro diskusi sampaikan, buat kalian yang ingin bertanya, sharing,atau memberi masukan dapat kalian sampaikan dikomentar ataupun melalui fitur yang telah disediakan. Semoga apa yang telah kita pelajari dapat bermanfaat buat kita, dan jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian agar mereka juga dapat manfaat dari apa yang kalian pelajari. Sampai jumpa

    0 komentar:

    Posting Komentar